12 Agustus 2020

Problema Terbesar Bagi Pemerintah Desa Adalah Masalah Kapasitas Aparaturnya

Sebesar apapun anggaran dan sehebat apapun regulasi untuk Desa, jika kompetensi Apartur Pemerintahan Desanya tidak memadai maka problema di Desa akan terus terjadi.

Advertisements

Advertisements

Vanpora ( Slawi )

Sudir Santoso Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Persatuan Rakyat Desa Nusantara ( DPN Parade Nusantara ) melalui akun media sosial pada Rabu ( 08/07/20) Menulis “  Problema terbesar bagi Pemerintah Desa adalah masalah kapasitas aparaturnya, Sebesar apapun anggaran dan sehebat apapun regulasi untuk Desa, jika kompetensi Apartur Pemerintahan Desanya tidak memadai maka problema di Desa akan terus terjadi.

Menurut Sudir Santoso kurangnya kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dalam mengatur / melaksanakan tata kelola pemerintahan Desa, semestinya bukan merupakan beban tunggal “dosa “ Kepala Desa dan Perangkat Desa semata.

Meminjam sebuah pepatah ” Sekali langsung keujian ,seumur hidup orang tidak percaya “, Terkandung makna : Ada Polisi yang hebat dalam menjalankan profesinya , hal itu wajar saja karena bisa jadi mereka lulusan Akademi Kepolisian ( AKPOL ), Ada seorang Birokrat yang cemerlang menjalani kariernya , karena bisa jadi mereka lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau Institut Ilmu Pemerintahan,  jadi wajar saja .

Sudir merasa, belum pernah mendengar bahwa sejak negeri ini merdeka sampai saat ini,  adanya Akademi / Universitas baik Negeri maupun swasta yang membuka atau membuat Fakultas Jurusan Ilmu Kepala Desa / Perangkat Desa ? .

Sementara di sisi lain , ketika seseorang dilantik menjadi Kepala Desa / Perangkat Desa , sejak saat itu secara cultural, langsung dituntut warga desanya masing – masing menjadi Pamong / Pemimpin yang serba tahu ,serba mampu dan serba bisa ( * )

Total Page Visits: 501 - Today Page Visits: 4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *