Sengketa Informasi Beberapa Kepala Desa Kabupaten Tegal

Pemohon Informasi Publik Jusri Sihombing meminta salinan / fotocopy pertanggung jawaban ( LPJ ) seluruh kegiatan bidang pemberdayaan masyarakat sesuai APBDes  Tahun anggaran 2019 pada beberapa desa di Kabupaten Tegal

Advertisements

Advertisements


Vanpora ( SLawi )

Pemohon Informasi Publik Jusri Sihombing meminta salinan / fotocopy pertanggung jawaban ( LPJ ) seluruh kegiatan bidang pemberdayaan masyarakat sesuai APBDes  Tahun anggaran 2019 pada beberapa desa di Kabupaten Tegal.

Baca Juga : https://vanpora.com/masyarakat-jangan-merasa-terbebani-sumbangan-pmi/

Menurut Slamet Roisudin S.Ag, aktifis LSM di kabupaten Tegal, beberapa desa yang diminta salinan informasinya adalah : Desa Tembok banjaran, Kecamatan Adiwerna  Desa Pesayangan Kecamatan Talang,  Desa Lembahsari Kecamatan Jatinegara, Desa Kaligayam Kecamatan Margasari, Desa Karang anyar Kecamatan Kedung banteng, Desa Kaliwungu Kecamatan Balapulang, Desa Dukuh Salam Kecamatan Slawi dan Desa Balaradin Kecamatan Lebaksiu, serta Desa Blubuk Kecamatan Dukuhwaru.

Permohonan Informasi publik diajukan oleh pemohon terhadap badan publik. mendasari ketentuan pada Undang – Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan informasi Publik.

Badan Publik adalah lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, dan badan lain yang fungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan negara

Menurut UU tersebut, Badan Publik adalah lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, dan badan lain yang fungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan negara, yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan/atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, atau organisasi non pemerintah sepanjang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan/atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, sumbangan masyarakat, dan/atau luar negeri.

Sementara itu, dari pemantauan Vanpora.com, mengutip laman media sosial Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, permohonan yang sudah memasuki tahap sengketa informasi telah digelar secara elektronik oleh majelis komisi informasi Jawa Tengah.

Bahkan dalam unggahannya pada tanggal 16 September 2020, Majelis Komisi Informasi telah melaksanakan Sidang Ajudikasi Non Litigasi secara elektronik  untuk perkara antara Jusri Sihombing melawan Kades Dukuh Salam & Kades Blubuk Kabupaten Tegal. Dengan agenda kedua sidang ini adalah Pemeriksaan Legal Standing.

Baca Juga : https://vanpora.com/positif-covid-19-di-kabupaten-tegal-bertambah-16-orang/

Dalam persidangan dengan Nomor perkara 058/SI/V/2020 dan 063/SI/V/2020 terungkap Pada pokoknya Termohon (Kuasa Kades Dukuh Salam dan Kuasa Kades Blubuk ) menyatakan sebagian informasi yg dimohonkan Pemohon merupakan informasi dikecualikan & sebagiannya kategori informasi Terbuka. Oleh karenanya Majelis Komisoner memutuskan menunda sidang & melanjutkan Proses Mediasi terlebih dahulu ( IJK ) 

Total Page Visits: 647 - Today Page Visits: 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *