12 Agustus 2020

Seniman Kabupaten Tegal, Berharap ” New Normal ” Bagi Keberlangsungan Seni Pertunjukan

Ki Haryo Entus Susmono
Advertisements

Advertisements

Vanpora ( Slawi )

Belasan penggiat seni di Kabupaten Tegal siang tadi ( 15/6 ) melakukan audiensi dengan Bupati Tegal. Kehadiran mereka diruang kerja Bupati Tegal dalam rangka berharap kebijakan dari Pemerintah Daerah terkait dampak pandemic Covid – 19 terhadap kerja seniman khususnya seniman pertunjukan.

Menurut Abdul Rokhim kepada duasisinews.com usai melakukan audiensi, Penggiat seni yang tergabung dalam berbagai paguyuban seni, berharap kebijakan new normal bagi para pekerja seni.

“ Semenjak merebaknya pandemi corona, sektor industri seni pertunjukan dan seni terkait lainnya mengalami guncangan keras, kami berharap Bupati Tegal dapat mengeluarkan kebijakan New Normal, berupa Peraturan Daerah, Peraturan Bupati atau semacam Surat Edaran “ Terang Rokhim

Hal senada disampaikan seniman lain Mohammad Soleh Yusuf, salah satu seniman panggung dari Kecamatan Slawi mengatakan, sejak adanya pandemi, hampir sebagian besar para seniman panggung kehilangan pendapatan. Padahal seniman dapat pendapatan dari karya.

”Kami hidup dari panggung ke panggung. 90 persen pendapatan kami didapat di atas panggung. Kami mohon kejelasan new normal, Pekerja seni Kabupaten Tegal saat ini hampir tidak bisa menghidupi keluarga,” Katanya.

Baca Juga : https://vanpora.com/new-normal-bagi-pekerja-seni-di-kabupaten-tegal/

Melalui Audiensi dengan Bupati, Ki Haryo Enthus Susmono dari Persatuan Pedalangan Indonesia ( Pepadi ) berharap munculnya kebijakan yang disepakati oleh Gugus Tugas Penanganan dan Penanggulangan Covid 19 Kabupaten. Tegal dengan Pekerja Seni Pertunjukan (Organ Tunggal, Orkes, Wayang, Pengusaha Sound dan Panggung dan seni pertunjukan yg lain) supaya masyarakat yg bekerja di lingkaran kesenian bisa produktif dan tetap aman dari covid 19 dengan menerapkan protokol kesehatan yg disepakati bersama dengan pertimbangan serta kehati – hati an yg matang

Turut hadir dalam acara audiensi yakni Pasti Bregas (persatuan artis seniman Tegal integrasi – Brebes  Tegal Slawi ). Dpc PAPPRI Slawi Wilayah. Kerja Kabupaten.Tegal (Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta lagu dan Pemusik Republik Indonesia), Dewan Kesenian kab.Tegal, Pasta (Paseduluran Sound System Tegal),. Unsur Pendamping Advokasi PAPPRI Serta Ki Haryo Enthus Susmono dari Persatuan Pedalangan Indonesia ( Pepadi )  ( IJK )

Total Page Visits: 232 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *