Sikapi Wabah Corona, Penyuluh Pertanian Tetap Bekerja

Advertisements

Advertisements

Vanpora.com ( Slawi )

Penyuluh pertanian merupakan garda terdepan dalam pembangunan pertanian. Jadi meski wabah virus Corona kini menghantui bangsa Indonesia, penyuluh tetap bekerja secara produktif. Namun tetap menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah daerah dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid 19.

Salah seorang Penyuluh Pertanian pada Kantor Balai Penyuluhan Pertanian ( BPP ) Kecamatan Dukuhwaru Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal Manis Nursyamsiyah pada sabtu ( 21/3 ) melalui akun media sosialnya memberikan penjelasan kepada vanpora.com.

“  Penyuluh pertanian yang bertugas tetap bekerja secara produktif namun tetap mengikuti protokol yang dirumuskan oleh Pemerintah Kabupaten Tegal dalam upaya pencegahan dan penyebaran Covid 19, untuk kegiatan yang sifatnya mengumpulkan banyak orang, ditunda sampai kondisi dinyatakan aman “ Kata Manis.

“ Saat Work From Home, Kami tetap melaksanakan penyuluhan dengan metode yang lain, seperti penyusunan media penyuluan dan distribusinya melalui Whatsapp Grup Petani dan Media Sosial lainnya yang melibatkan petani binaan “ Tambahnya

Manis memaparkan melalui diskusi secara online, perkembangan kondisi lahan pada masa tanam, panen dan serangan hama juga tetap terpantau

Apabila kondisinya memungkinkan , Penyuluh pertanian juga turut serta membantu sosialisasi pengenalan, pencegahan atau melindungi diri petani dan keluarganya dari Covid 19 dengan melakukan kunjungan secara langsung ke rumah petani.

Senada dengan Manis Nursyamsiah, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal, Toto Subandrio pada vanpora.com ( 20/3 ) telah meminta kegiatan penyuluhan harus tetap dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

 “Semua penyuluh juga sudah kami minta membuat infografis yang mudah dipahami oleh petani sehingga dapat dibagikan melalui Grup Sosial Media pertanian “

Baca Juga : https://vanpora.com/antisipasi-penyebaran-virus-corona-bupati-tegal-liburkan-sekolah/

Rencananya Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal, pada Selasa besok ( 24/3 ) akan melaksanakan Video Conference ( Vidcon ) dengan seluruh jajarannya yang dapat diikuti oleh petugas dari lapangan atau dari rumah masing – masing ( IJK )

Total Page Visits: 228 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *